Selamat Datang di Blog Affi, Semoga Bermanfaat

Rabu, 06 Juni 2012

PENGERTIAN LASER DAN PROSES PEMBENTUKANNYA

Contoh Laser
Laser (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) merupakan alat yang dapat memancarkan cahaya (gelombang radioelektromagnetik) pada daerah infrared, visible atau ultraviolet. Cahaya yang dipancarkan oleh laser dihasilkan dari stimulasi emisi radiasi dari medium yang ada di laser, emisi radiasi tersebut dikuatkan sehingga menghasilkan cahaya yang mempunyai sifat monokromatis (tunggal/hanya satu), koheren, terarah dan brightness (sifat kecerahan tinggi).


Daerah spektrum gelombang elektromagnetik

















Cahaya laser merupakan cahaya yang sangat kuat dimana proses pembentukan cahaya tersebut melalaui beberapa tahapan seperti yang ditunjukkan pada skema pembentukan laser berikut:
Pembentukan laser















 

Proses pembentukan laser dimulai dengan proses pemompaan yang menyebabakan inversi polulasi pada eksitasi atom-atom (molekul2, ion2, elektron2 semikonduktor) yang ada di dalam medium laser dari tingkat energi rendah menuju ke tingkat energi tinggi (level energi mekanika kuantum). Setelah itu atom2 akan kembali menuju tingkat energi semula dengan memancarkan foton. Kemudian foton2 tersebut bergerak ke kanan dan dipantulkan oleh cermin (R=)100%) kemudian bergerak ke kiri dan dipantulkan kembali oleh cermin (R=80%), begitu seterusnya berjalan bolak-balik membentuk osilasi. Karena osilasi foton2 yang terus menerus sehingga mengeluarkan foton yang sangat kuat yang menjadi cahaya keluaran laser. Untuk proses detail mengenai pergerakan atom sampai menjadi foton akan dibahas lebih lanjut pada artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar