Selamat Datang di Blog Affi, Semoga Bermanfaat

Kamis, 07 Juni 2012

APA YANG MEMBEDAKAN LASER DENGAN CAHAYA LAIN?

Laser merupakan salah satu alat yang dapat memancarkan cahaya. Ada banyak alat lain yang juga bisa memancarkan cahaya, seperti lampu pijar, cahaya matahari, lampu senter dan sumber yang lainnya. Yang menjadi pertanyaan adalah apa perbedaan antara cahaya yang dihasilkan oleh laser dengan cahaya yang dihasilkan dari alat yang lain?

Cahaya Matahari
Cahay Senter
Cahaya Lampu



Cahaya Laser
Secara visual terlihat bahwa berkas cahaya yang dihasilkan antara cahaya laser dengan cahaya dari sumber lain berbeda. Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa cahaya yang dihasilkan laser memiliki sifat monokromatis (tunggal/hanya satu), koheren, terarah dan brightness (sifat kecerahan tinggi). Apa sebenarnya bentuk dari sifat-sifat cahaya laser tersebut. Lihatlah gambar berikut:



Perbedaan arah berkas 
foton cahaya lampu 
dengan cahaya laser
Perbedaan sifat mendasar antara cahaya laser
 dan cahaya dari sumber lain



.



Dari gambar dapat kita lihat bahwa cahaya yang dihasilkan dari laser dan yang dihasilkan dari sumber lain berbeda persebarannya. Jika cahaya yang dihasilkan dari sumber lain memancarkan berkasnya (foton) ke segala arah, karena foton yang dipancarkan ke segala arah maka gelombang elektromagnetiknya memiliki beda fase yang berbeda sehingga sifatnya tidak koheren, dan jika kita melihat cahaya yang dihasilkan matahari memiliki kecenderungan sifat polikromatik yaitu bisa memancarkan banyak warna dan banyak panjang gelombang, salah satu contohnya yaitu jika kita meneruskan cahaya matahari atau cahaya lampu (cahaya putih) pada sebuah prisma maka akan ada pembiasan warna-warna seperti warna pelangi seperti yang terlihat pada gambar berikut:
 

Itulah kenapa cahaya yang dihasilkan laser berbeda dengan cahaya yang dihasilkan dari sumber yang lain. Cahaya yang dihasilkan laser bersifat terarah artinya foton yang dipancarkan dalam satu arah, monokromatis yaitu hanya memiliki keluaran satu warna dan satu panjang gelombang saja. Karena cahaya yang dihasilkan searah maka bersifat koheren dan memiliki kecerahan yang tinggi. Sifat cahaya yang dihasilkan laser fokus pada satu arah dan sangat kuat, sehingga memiliki energi dan daya yang mampu dimanfaatkan di berbagai hal. Berikut adalah contoh jenis-jenis laser yang mempunyai keluaran cahaya yang berbeda-beda, dimana setiap satu laser menghasilkan satu cahaya dengan satu panjang gelombang (monokromatis).
                              
Laser Biru
Laser Merah
Laser Orange




  


Laser Ungu
Laser Kuning

5 komentar:

  1. laser warna pha yg paling berbahaya???
    dan laser yg dapat memotong bagian tubuh seperti di fiml "resident evil" itu frekuensinya berapa???

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah manfaat .Barakallah.

    BalasHapus
  3. Laser apa yg dapat menempuh jarak 20KM???

    BalasHapus
  4. Kayaknya laser dengan output ribuan watt,/ hitungannya udah mega watt
    Contohnya laser pemotong baja, ada tuh di dunia nyata

    BalasHapus