Selamat Datang di Blog Affi, Semoga Bermanfaat

Kamis, 06 September 2012

HUBUNGAN ANTARA CITRA, INTENSITAS PIXEL DAN HISTOGRAM

Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan pengertian citra, apa itu histogram dan apa itu intensitas pixel. Ketika kita belajar dan ingin memahami lebih lanjut mengenai pengolahan citra, maka kita harus tahu bahwa tiga kata ini yaitu citra, intensitas pixel dan histogram akan saling berhubungan. Karena citra itu sendiri berisi informasi mengenai intensitas pixel dan histogram.
Untuk mengetahui hubungan ketiga kata ini, saya akan menunjukkan pengolahan sebuah citra lengkap dengan nilai-nilai intensitas pixel dan gambar histogramnya dengan menggunakan software buatan sendiri (hasil tugas akhir saya).

Gambar software citra hasil tugas akhir
Citra yang akan diolah adalah citra radiogarfi sinar-x yaitu citra step wedge yang saya crop (potong didaerah tertentu) kemudian saya olah dengan software untuk melihat nilai-nilai intensitas pixel yang terkandung pada citra tersebut dan informasi histogramnya. 

Citra 01 yang diolah dengan software

Citra 02 yang diolah dengan software
Nah sekarang jelas bukan bahwa antara citra, nilai intensitas pixel dan histogramnya saling berhubungan. Jadi setiap citra (gambar) baik kita potong gambar tersebut menjadi bagian yang lebih kecil atau citra utuh akan memiliki nilai intensitas pixel dan histogram yang berbeda-beda dengan citra yang lainnya.                            

3 komentar: